Islam adalah penyerahan
penyerahan adalah keyakinan
keyakinan adalah pembenaran
pembenaran adalah pengakuan
pengakuan adalah pelaksanaan
dan pelaksanaan adalah amal

Thursday 16 September 2010

Islam terpecah menjadi 73 golongan, satu golongan yang selamat

JUMLAH HADITS TENTANG TERPECAHNYA UMAT
Kalau kita kumpulkan hadits-hadits tentang terpecahnya umat menjadi 73 golongan dan satu golongan yang masuk surga, lebih kurang ada lima belas hadits yang diriwayatkan oleh lebih dari sepuluh ahli hadits dari 14 shahabat Rasulullah SAW, yaitu ; Abu Hurairah, Mu’awiyah, Abdullah bin ‘Amr bin Al-’Ash, Auf bin Malik, Abu Umamah, Ibnu Mas’ud, Jabir bin Abdillah, Sa’ad bin Abi Waqqash, Abu Darda’, Watsilah bin Al-Asqa’, Amr bin ‘Auf Al-Muzani, Ali bin Abi Thalib, Abu Musa Al-Asy’ariy, dan Anas bin Malik.

Sebagian dari hadit-hadits tersebut ialah :


Dari Abu Hurairah ia berkata : “Telah bersabda Rasulullah SAW. Kaum Yahudi telah terpecah menjadi 71 golongan atau 72 golongan dan Kaum Nashrani telah terpecah menjadi 71 golongan atau 72 golongan dan ummatku akan terpecah menjadi 73 golongan”.

Dari Auf bin Malik, dia berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda : "Yahudi telah berpecah menjadi 71 golongan, satu golongan di surga dan 70 golongan di neraka. Dan Nashara telah berpecah belah menjadi 72 golongan, 71 golongan di neraka dan satu di surga. Dan demi Allah yang jiwa Muhammad ada dalam tangan-Nya umatku ini pasti akan berpecah belah menjadi 73 golongan, satu golongan di surga dan 72 golongan di neraka." 



  • Abu Dawud : Kitabus Sunnah, 1 bab Syarhus Sunnah 4 : 197-198 nomor hadits 4596. Dan hadits di atas adalah lafadz Abu Dawud.

  • Tirmidzi : Kitabul Iman, 18 bab Maa ja’a fi ‘Iftiraaqi Hadzihil Ummah, nomor 2778 dan ia berkata : Hadits ini HASAN SHAHIH. .

  • Ibnu Majah : 36 Kitabul Fitan, 17 bab Iftiraaqil Umam, nomor 3991.

  • Imam Ahmad dalam Musnadnya 2 : 332 tanpa menyebutkan kata Nashara.

  • Hakim dalam kitabnya : Al-Mustadrak : Kitabul Iman 1 : 6 dan ia berkata : Hadits ini banyak sanadnya dan berbicara masalah pokok-pokok agama.

  • Ibnu hibban dalam kitab Mawaariduzh-Zhan’aam: 31 Kitabul Fitan, 4 bab Iftiraaqil Umam, halaman 454 nomor 1834.

  • Abu Ya’la Al-Mushiliy dalam kitabnya Al-Musnad : Musnad Abu Hurairah.

  • Ibnu Abi ‘Ashim dalam kitab “As-Sunnah”, bab 19-bab Fima Akhbara Bihin Nabi Anna Ummatahu Sataf Tariqu juz I hal. 33 nomor 66.

  • Ibnu Baththah Fil Ibanatil Kubra : bab Dzikri Iftiraaqil Umma Fiidiiniha, Wa’alakam Tartaraqul Ummah ?. juz I hal. 228 nomor 252.

  • .Al-Aajurriy dalam kitabnya “Asy-Syari’ah” bab Dzikri Iftiraaqil Umam halaman 15.


  • Semua ahli hadits tersebut di atas meriwayatkan dari jalan Muhammad bin ‘Amr dari Abu Salamah dari Nabi SAW.

    Untuk direnungkan dan dipikirkan

    1 golongan Umat Yahudi yang selamat adalah mereka yang beriman kepada Nabi Isa as, dan 1 golongan umat Nasrani yang selamat adalah mereka yang beriman kepada Nabi Muhammad saw, sedang 1 golongan umat Islam yang selamat ????


    Allah berfirman : "Barang siapa mencari kejalanKu, akan Aku tunjukan"


    Mari kita yang berpikir, sudah saatnya kita mencari dan perduli serta bertanggung jawab akan keyakinan ini yaitu pada agama kita, Islam. Hilangkan ego, buka hati nurani dan pikiran. Pelajarilah keislaman kita, mulai dari ketauhidan, keimanan, mazhab, fiqih, riwayat, hadits, sejarah dll, sehingga kita bisa mempertanggung jawabkan apa yang sudah dan sedang kita amalkan, jangan mengikuti tapi tidak mendalami, apa dalilnya dari semua yang kita lakukan ini, kita diberikan akal, pergunakanlah sebaik-baiknya.

    APA DAN KENAPA ADALAH BUKTI ATAS KEBODOHAN KITA.
    AGAMA ITU UNTUK DIIKUTI, BUKAN DENGAN LOGIKA.


    No comments:

    Post a Comment